Sering susah tidur? Yuk cobain terapi ini!

How to get a good sleep
sumber : pinterest

  Pernahkah kamu lagi tidur kemudian tiba-tiba terbangun? entah itu karena ada suara yang mengagetkan, lagi mimpi buruk, atau tidak ada angin dan hujan tiba-tiba kamu yang tadinya mengantuk banget kembali segar dan tidak bisa tertidur lagi. Pasti sangat menyebalkan bukan? apalagi jika besok ada hal yang mengharuskan kita bangun pagi. 
    Banyak orang yang susah tertidur dikarenakan merasa stress, yang akhirnya menimbulkan rasa cemas ketika berada di tempat tidur sehingga masalah gangguan tidurnya makin bertambah. Lalu, apa yang harus dilakukan supaya jadi lebih mudah tertidur? ada beberapa opsi terapi yang disarankan oleh bapak Direktur program penelitian tidur dan kesehatan di Fak. Kedokteran Universitas Arizona berikut ini.

1. Stimulus Control

Kita biasanya cenderung melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan tidur di tempat tidur misalnya baca buku, makan, memainkan gadget, nonton, dan hal lainnya. Hal ini sebenarnya tidak baik untuk kebiasaan tidur kita. Seharusnya ketika sudah berbaring di tempat tidur, maka otomatis tubuh akan tertidur dengan segera oleh karena itu mulailah ubah cara berpikir kita menjadi : " Tempat tidur ini adalah tempat untuk tidur, bukan untuk yang lain''. Dengan demikian, ketika kita sudah berada di tempat tidur, tubuh akan berasosiasi dengan tempat tidur lalu kita akan segera tertidur.

2. Sleep Restriction

Dalam hal ini, kita berusaha sebaik mungkin untuk membatasi waktu di tempat tidur. Terapi ini bertujuan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan juga memperbaiki kualitas tidur. Misalnya, kita ingin tidur selama 6 jam di malam hari namun hanya berhasil tidur 3 jam, sedangkan 3 jam sisanya kita tidak bisa tidur, dokter mungkin akan menyarankan untuk berada di tempat tidur selama 3 jam saja. Dengan begitu, maka tubuh akan merasa lelah di malam berikutnya sehingga lebih mudah tertidur. Seiring waktu tidur membaik maka habiskan waktu lebih lama di tempat tidur. 

3. Paradoxical Intention

Sesuai dengan namanya, terapi ini dilakukan dengan menipu diri sendiri agar tetap terjaga. Jangan terobsesi untuk bisa tidur secepatnya, namun sebaliknya yakinkan diri sendiri agar tetap terjaga. Cara ini akan membuat kita menjadi lebih rileks dan akhirnya dapat mengurangi rasa frustasi akibat kesulitan tidur. Terapi ini merupakan bentuk terapi perilaku kognitif karena melibatkan penyesuaian pikiran dan perilaku dalam mengontrol perasaan kita dalam prosesnya. Meskipun penelitian dalam hal ini masih dilakukan, namun terapi ini sudah cukup terbukti efektif dalam meredakan stress, kecemasan, dan kekhawatiran kinerja di sekitar waktu tidur. 

4. Thought Challenging

Kehidupan modern tidaklah mudah. Kita dicemaskan dengan berbagai urusan rumah, pekerjaan, hubungan, dan usaha-usaha agar hidup sukses yang menjadi sumber kekhawatiran.  Kekhawatiran ini akan membawa dampak yang nyata, yaitu kita menjadi overthinking untuk setiap hal kecil sehingga ujungnya tidak bisa tidur!. Salah satu cara untuk mengurangi overthinking ini adalah meyakinkan diri sendiri bahwa dampak-dampak buruk yang kita pikirkan tersebut  tidak serta merta langsung terjadi jika kita sulit tidur. beberapa hal yang bisa dilakukan seperti mengulang beberapa kata, bermain mental puzzle atau mengalihkan pikiran kepada hal-hal yang menyenangkan dan membuat rileks seperti liburan di pantai.

5. Meditasi

Meditasi dapat membuat tubuh lebih rileks dengan melakukan latihan penapasan ketika mempersiapkan diri untuk beristirahat. Salah satu jenis meditasi yang dapat dicoba adalah meditasi mindfulness, yaitu memfokuskan pada cara mengatur napas dan membawa pikiran kita ke masa kini. Selain membawa dampak kesehatan, meditasi juga dapat bekerja pada gejala insomnia. Yoga juga bisa menjadi salah satu alternatif. Yoga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kita karena yoga sudah terbukti dapat membuat kita menjadi lebih santai dengan mengatur pernafasan, mengontrol pikiran, dan meningkatkan aktivitas fisik.

Yok dipilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kesenangan anda. Selamat menuju deep sleep๐Ÿ˜‰


Note : 
Bagi yang muslim, as for me, cara paling ampuh adalah jangan lupakan wudhu dan baca doa sebelum beranjak ke tempat tidur. Jika belum berefek, biasakan sholat agar hati lebih tenang dan riles agar tidur jadi nyenyak. 

Comments

Popular posts from this blog

Kyung-Hee University (๊ฒฝํฌ๋Œ€ํ•™๊ต)

My Study Tips : Belajar untuk ujian

My Liberation Notes